SEJARAH DAN PENINGGALAN CHEVROLET
DEKADE 1910 an
( Dekade Pertama )
“Jangan pernah menyerah” — Louis Chevrolet
Model yang penuh gaya dulunya merupakan suatu kemewahan yang
hanya bisa didapatkan pada model yang dibangun khusus, diciptakan sekali
saja. Mobil dengan nama Chevrolet mengubah hal tersebut.
Perusahaan Chevrolet Motor pertama kali dibentuk tahun 1911. Perusahaan baru tersebut bermula di Bengkel Flint sebagai kerjasama usaha antara pembalap kelahiran Belgia yang bernama Louis Chevrolet dengan William Durant, seorang pengusaha dan pendiri dari General Motors. Chevrolet pertamanya, bernama The Classic Six, adalah mobil mewah yang berharga $2500.
Moto Louis Chevrolet adalah "Jangan pernah menyerah". Dan William Durant tidak menyerah begitu saja pada mobil Chevrolet the Classic Six yang gagal memenuhi keuntungan bagi perusahaan. Secara insting, Ia yakin kalau mobil dengan model yang bergaya tinggi namun terjangkau bisa menantang dominasi model multiguna dari Ford, Model T. Chevrolet bergabung dengan grup perusahaan GM tahun 1917 sebagai pembuat mobil yang terjangkau, dan dalam 10 tahun, Chevy menjadi mobil yang terlaris nomor satu di Amerika Serikat.
Perusahaan Chevrolet Motor pertama kali dibentuk tahun 1911. Perusahaan baru tersebut bermula di Bengkel Flint sebagai kerjasama usaha antara pembalap kelahiran Belgia yang bernama Louis Chevrolet dengan William Durant, seorang pengusaha dan pendiri dari General Motors. Chevrolet pertamanya, bernama The Classic Six, adalah mobil mewah yang berharga $2500.
Moto Louis Chevrolet adalah "Jangan pernah menyerah". Dan William Durant tidak menyerah begitu saja pada mobil Chevrolet the Classic Six yang gagal memenuhi keuntungan bagi perusahaan. Secara insting, Ia yakin kalau mobil dengan model yang bergaya tinggi namun terjangkau bisa menantang dominasi model multiguna dari Ford, Model T. Chevrolet bergabung dengan grup perusahaan GM tahun 1917 sebagai pembuat mobil yang terjangkau, dan dalam 10 tahun, Chevy menjadi mobil yang terlaris nomor satu di Amerika Serikat.
1911
Moto Perusahaan Chevrolet dibentuk
1912
Chevrolet meluncurkan mobil mereka di Detroit, "Classic Six."
1914
Logo " Bowtie " Chevy muncul pertama kali. Chevrolet pertama dengan fitur desain klep di kepala blok mesin diperkenalkan.
1914 | Chevrolet Royal Mail Roadster
Di akhir tahun 1913, dua tahun setelah perusahaan berdiri,
Chevrolet memperkenalkan mobil model terbuka " Royal Mail " 1914. Model
ini merupakan mobil Chevy pertama yang dilengkapi secara spesifik segala
a tribut model Chevrolet dalam satu mobil. Pada jamannya model yang
modern dan rapih, Mobil Royal Mail memiliki penampilan yang sangat
memikat. Mesin 171 cid 4 silindernya sangat tangguh dan memiliki desain
klep diatas blok mesin, desain mewahnya sangat mendukung tingkat
kekuatan tenaganya. Harganya yang murah $750, termasuk fitur atap, kaca
depan, dan penunjuk percepatan, fitur yang biasanya hanya ada sebagai
asesoris di mobil yang lebih mahal beberapa tahun sebelumnya. Begitulah
sejarahnya yang membuat mobil Royal Mail sangat cocok sebagai mobil yang
pertama memakai Logo Bowtie ( dasi kupu - kupu ).
1918
Chevy bergabung dengan perusahaan GM. Truk pertama Chevy terjual.
Dekade duapuluhan:
Dekade tigapuluhan:
Dekade | Empatpuluhan:
Dekade Limapuluhan:
Dekade Enampuluhan:
Dekade Tujuhpuluhan:
Dekade delapanpuluhan:
Dekade Sembilanpuluhan:
Dekade Duaribuan:
Chevrolet Sekarang:
Dekade duapuluhan:
Lomba menjadi yang terdepan
Di tahun 1920, Chevrolet menjual satu mobil tiap tiga mobil Ford
yang terjual. Tujuh tahun kemudian, Chevrolet memimpin penjualan. Karena
mobil Model T dari Ford tidak banyak berubah banyak dari perkenalannya
ditahun 1908 hingga tahun 1927, proses Chevrolet yang selalu terkini
akhirnya digandrungi para pembeli mobil di Amerika Serikat.
Hingga tahun 1925, Chevrolet telah menawarkan berbagai jenis mobil dan truk. Tahun 1928, Chevrolet mengeluarkan mobil yang lebih besar, dan lebih mewah, namun berita besarnya baru muncul tahun 1929. Tahun itu Chevy mengguncang industri otomotif dengan model baru berupa mesin enam silinder sebagai standar di semua modelnya. Dipromosikan dengan mobil enam silinder dengan harga untuk empat silinder, di tahun tersebut Chevrolet memimpin kompetisi di semua showroom dan meninggalkan saingannya kembali ke meja desain.
Hingga tahun 1925, Chevrolet telah menawarkan berbagai jenis mobil dan truk. Tahun 1928, Chevrolet mengeluarkan mobil yang lebih besar, dan lebih mewah, namun berita besarnya baru muncul tahun 1929. Tahun itu Chevy mengguncang industri otomotif dengan model baru berupa mesin enam silinder sebagai standar di semua modelnya. Dipromosikan dengan mobil enam silinder dengan harga untuk empat silinder, di tahun tersebut Chevrolet memimpin kompetisi di semua showroom dan meninggalkan saingannya kembali ke meja desain.
1923 | Mencapai Sejuta Unit Pertama
Chevy memproduksi mobilnya yang ke satu juta. Mendirikan pabrik perakitan untuk ekspor pertamanya di Denmark.
1929 | Enam Silinder
Chevy memperkenalkan mesin 6 silindernya yang pertama.
Dekade tigapuluhan:
“ Produk Amerika yang bernilai tinggi ”
Ketika masa depresi besar dimana orang-orang makin mengencangkan
ikat pinggang dan setiap konsumen mulai berhitung setiap dollarnya,
slogan iklan Chevrolet — “ Barang Amerika yang bernilai tinggi ” —
menjadi pesan yang tepat disaat-saat pencobaan itu.
Di era yang juga dikenal sebagai era desain yang hebat, Chevy menjadi pemimpin di kelasnya saat itu. Pimpinan pemodel mobil GM Harley Earl membuat model Deluxe Roadster 1932 dengan gaya Cadillac baby. Model yang keluar tahun 1934 juga menjadi model indah rancangan Harley Earl dengan gaya Art Deco yang ramping, dan "Knee-Action", model suspensi depan independen pertama di kelas mobil murah.
Pada tahun 1935, model Suburban Carry-All, model pertama dari banyak jenis mobil wagon truk mulai diperkenalkan. Di akhir tahun 1930an, Chevy telah meningkatkan gayanya, tenaga enam silinder yang ekonomis, serta dengan reputasi ketangguhan yang pada saat itu sangat mengena.
Di era yang juga dikenal sebagai era desain yang hebat, Chevy menjadi pemimpin di kelasnya saat itu. Pimpinan pemodel mobil GM Harley Earl membuat model Deluxe Roadster 1932 dengan gaya Cadillac baby. Model yang keluar tahun 1934 juga menjadi model indah rancangan Harley Earl dengan gaya Art Deco yang ramping, dan "Knee-Action", model suspensi depan independen pertama di kelas mobil murah.
Pada tahun 1935, model Suburban Carry-All, model pertama dari banyak jenis mobil wagon truk mulai diperkenalkan. Di akhir tahun 1930an, Chevy telah meningkatkan gayanya, tenaga enam silinder yang ekonomis, serta dengan reputasi ketangguhan yang pada saat itu sangat mengena.
1932 | Chevrolet Sport Roadster
Diperkenalkan ditengah - tengah masa Depresi besar, Chevrolet
tahun 1932 diiklankan sebagai model mobil "Barang Amerika yang bernilai
tinggi." Gaya mobilnya dan aksen krom yang dipakai mengingatkan pada
mobil GM yang lebih mahal, yaitu model Cadillac tahun 1932. Dengan harga
rendah di $445, mobil Chevrolet Sport Roadster dilengkapi dengan kursi
belakang terbuka untuk dua orang, dipasang di dek belakang mobil. Mesin
Chevrolet 6 silinder dengan klep diatas, diperkenalkan tahun 1929,
mengeluarkan tenaga yang lebih halus dan bertenaga namun tetap ekonomis.
Peningkatan untuk model tahun 1932 termasuk fitur transmisi synchromesh
yang membantu menghilangkan bunyi perpindahan antar gigi transmisi yang
memalukan. Tanpa disangsikan, gaya mobil Chevy tahun 1932 membuatnya
jadi mobil dengan merk paling populer tahun itu. Bahkan sekarang ini,
banyak kolektor mobil antik yang menyebutkan mobil Chevy tahun 1932
sebagai mobil Chevy klasik favorit mereka.
1936 | Chevrolet Suburban
Model Suburban awal merupakan nenek moyang dari mobil SUV
modern. Namun, body bahan besi baja dan model truk Chevy Suburban
"Carryall" awalnya dibuat sebagai mobil yang lebih kuat dan lega
daripada mobil wagon "woodie" ketika mulai diperkenalkan di pertengahan
tahun 1935. Selanjutnya di tahun 1936, dengan adanya beberapa perubahan,
generasi awal Suburban umumnya dipakai untuk mengangkut hingga delapan
orang termasuk tas dan peralatan mereka menuju lokasi-lokasi tanah yang
tidak rata maupun terpencil — dimana bekerja, bermain, ataupun lokasi
mencari petualangan baru menunggu. Selama 76 tahun terakhir, kebanyakan
dari 2 juta Chevy Suburban yang telah diproduksi masih mempunyai misi
awal tersebut, sementara model lain telah berlaku peran-peran yang baru
seperti menjadi mobil Limosin VIP. Dalam perjalanannya, Suburban telah
menjadi mobil yang diproduksi berkelanjutan, dan hidup terus menerus di
Amerika Serikat.
Dekade | Empatpuluhan:
Chevrolet mempersenjatai kebutuhan perang
Chevrolet memasuki dekade 1940 dengan model-model mobil bernilai
tinggi dikelasnya, berfitur mewah, serta pilihan model yang lebih
banyak. Model baru 1942 berfitur bodi kupe dengan bodi belakang yang
aerodinamis membuatnya model mobil paling bagus pada musim tersebut.
Kemudian terjadilah perang.
Perang dunia II telah tersebar di daratan Eropa, dan setelah Jepang menyerang Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 1941, produksi mobil umum terhenti, pabrik mobil Chevrolet segera berubah untuk mendukung keperluan perang. Selama perang dunia II, Chevrolet memproduksi sejumlah besar peralatan perang, persenjataan, truk-truk dan ambulans untuk keperluan perang sebagai bagian dari kegiatan "Senjata Demokrasi" Detroit.
Produksi mobil umum dimulai kembali tahun 1946, dan konsumen yang telah lelah berperang tersentak dengan keluarnya model-model terbaru Chevy saat itu. Desain mutakhir terbaru pikap Chevrolet tahun 1947 diluncurkan, dan mobil penumpang terbaru juga diluncurkan untuk model tahun 1949.
Perang dunia II telah tersebar di daratan Eropa, dan setelah Jepang menyerang Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 1941, produksi mobil umum terhenti, pabrik mobil Chevrolet segera berubah untuk mendukung keperluan perang. Selama perang dunia II, Chevrolet memproduksi sejumlah besar peralatan perang, persenjataan, truk-truk dan ambulans untuk keperluan perang sebagai bagian dari kegiatan "Senjata Demokrasi" Detroit.
Produksi mobil umum dimulai kembali tahun 1946, dan konsumen yang telah lelah berperang tersentak dengan keluarnya model-model terbaru Chevy saat itu. Desain mutakhir terbaru pikap Chevrolet tahun 1947 diluncurkan, dan mobil penumpang terbaru juga diluncurkan untuk model tahun 1949.
1948 | Chevrolet Pikap
Desain truk termutakhir Chevy tahun 1948 merupakan model
pertama kendaraan keluaran General Motors setelah perang dunia II. Dari
pertama, publik menyukai pikap Chevy. (Dan mereka masih menyukainya
hingga saat ini. Desin mutakhir truk Chevy tersebut selalu disukai oleh
kolektor mobil klasik saat ini.) Model terbaru dan lebih lega tahun
1948, menyediakan kursi melebar tiga penumpang. Model truk Chevy ini,
telah membuktikan dirinya di berbagai skenario perang dunia dan tidak
perlu atau butuh lebih banyak peningkatan lagi. Sangat tangguh dan serba
guna, pikap setengah ton Chevy ini terus menjadi teman setia para
usahawan dan petani lokal. Di tahun 1948 ini, makin banyak
keluarga-keluarga yang lebih memilih pikap Chevy sebagai mobil kedua
mereka.
1949 | Chevrolet Canopy Express
Selama lebih dari sepuluh tahun truk Chevy diluncurkan tahun
1918, beberapa menjadi fitur yang biasa dipakai pada model truk Chevy,
dan beberapa model spesial lagi dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan
tertentu, bukaan disamping truk. Panel samping yang bisa terbuka pada
truk disebut truk Canopy Express dulunya sempat populer dan digunakan
untuk berbagai jenis usaha jasa pengantaran. Sebelum pasar swalayan
muncul, pedagang keliling (huckster) biasanya menjatuhkan buah-buah dan
sayuran di ujung jalan perumahan dengan truk ini. Di pusat peninggalan
GM Heritage Center mempunyai koleksi satu-satunya truk Canopy Express
1949 yang pernah dibuat.
Dekade Limapuluhan:
Melihat Amerika di Chevrolet anda
Apakah itu gaya Cadillac dengan harga Chevy ataupun kemampuan
Corvette di model Impala, di tahun 1950, model yang muncul satu demi
satu merupakan model ikonik Chevy.
Diawal dekade limapuluhan ini, Chevrolet menaikan kekosongan kepemimpinan dikelasnya dengan model Bel Air, model dengan dekorasi cerah dan atap keras baru sebagai model teratasnya. Model yang terinspirasi dari model Cadillac Coupe de Ville tahun sebelumnya, kupe sport Bel Air merupakan mobil harga rendah pertama dengan fitur atap keras gaya tanpa pilar dan opsi penggunaan transmisi otomatis (Powerglide).
Seri Bel Air dikembangkan dengan mengikutsertakan model-model sedan dan model atap terbuka di tahun 1953, dan opsi lainya makin bertambah dengan menambah beberapa fitur mewah seperti jendela elektrik, kaca film, dan asistensi pengereman tenaga mesin. Warga Amerika diiklankan untuk "Melihat Amerika di Chevrolet anda", dan jutaan pembeli melakukannya.
Legenda Amerika, mobil sport Corvette, lahir pada tahun 1953. Pada awalnya hanya 300 mobil yang dibuat pada tahun itu. Di tahun 1955, Chevrolet membukukan revolusi prestasi hingga saat ini dengan meluncurkan mesin V8 blok kecil. Terletak di kompartemen mesin Bel Air yang keren, model tersebut menjadi sensasi hanya dalam sehari pemunculannya. Model tahun 1955 ini diikuti dengan model tahun 1956 yang lebih bagus lagi, dan peningkatan model tahun 1957 yang lebih rapih dan tetap menjadi ikon mobil klasik tahun 1950an yang heboh.
Legenda lain, seri Impala yang mewah, lahir tahun 1958. Model dramatis baru Impala pun muncul tahun 1959. Dengan aksen bodi panjang dan rendah ditambah sayap belakang horisontal yang sangat menyolok, Chevrolet menyebutnya sebagai model mobil "Paling baru paling terkini" yang sangat populer.
Di era angkasa tahun 1950an, pesawat terbang menjadi hal yang sangat heboh saat itu. Jaringan jalan bebas hambatan antar negara bagian bermunculan di seluruh Amerika — menjadi saat yang tepat untuk melihat Amerika di mobil Chevrolet.
Diawal dekade limapuluhan ini, Chevrolet menaikan kekosongan kepemimpinan dikelasnya dengan model Bel Air, model dengan dekorasi cerah dan atap keras baru sebagai model teratasnya. Model yang terinspirasi dari model Cadillac Coupe de Ville tahun sebelumnya, kupe sport Bel Air merupakan mobil harga rendah pertama dengan fitur atap keras gaya tanpa pilar dan opsi penggunaan transmisi otomatis (Powerglide).
Seri Bel Air dikembangkan dengan mengikutsertakan model-model sedan dan model atap terbuka di tahun 1953, dan opsi lainya makin bertambah dengan menambah beberapa fitur mewah seperti jendela elektrik, kaca film, dan asistensi pengereman tenaga mesin. Warga Amerika diiklankan untuk "Melihat Amerika di Chevrolet anda", dan jutaan pembeli melakukannya.
Legenda Amerika, mobil sport Corvette, lahir pada tahun 1953. Pada awalnya hanya 300 mobil yang dibuat pada tahun itu. Di tahun 1955, Chevrolet membukukan revolusi prestasi hingga saat ini dengan meluncurkan mesin V8 blok kecil. Terletak di kompartemen mesin Bel Air yang keren, model tersebut menjadi sensasi hanya dalam sehari pemunculannya. Model tahun 1955 ini diikuti dengan model tahun 1956 yang lebih bagus lagi, dan peningkatan model tahun 1957 yang lebih rapih dan tetap menjadi ikon mobil klasik tahun 1950an yang heboh.
Legenda lain, seri Impala yang mewah, lahir tahun 1958. Model dramatis baru Impala pun muncul tahun 1959. Dengan aksen bodi panjang dan rendah ditambah sayap belakang horisontal yang sangat menyolok, Chevrolet menyebutnya sebagai model mobil "Paling baru paling terkini" yang sangat populer.
Di era angkasa tahun 1950an, pesawat terbang menjadi hal yang sangat heboh saat itu. Jaringan jalan bebas hambatan antar negara bagian bermunculan di seluruh Amerika — menjadi saat yang tepat untuk melihat Amerika di mobil Chevrolet.
1953 | Chevrolet Corvette
Di tahun 1952, pimpinan model mobil GM Harley Earl dan tim
kecil desainernya merancang mobil sport Amerika menggunakan konstruksi
bodi serat kaca. Para penggemar berjejalan pada hasil mobil roadster—
Chevrolet Corvette — pada acara GM Motorama tahun 1953. Di versi
produksinya, ditenagai oleh model Chevy 6 yang telah terkenal juga mulai
diluncurkan. Beberapa tahun kemudian, seorang insinyur GM Zora
Arkus-Duntov, imigran kelahiran Rusia yang sangat mengerti seluk beluk
mobil balap sport Eropa, menyumbangkan kemampuan inti Corvette. Duntov
memoles mesin 1955 Chevy V8 blok kecil yang elegan, simpel dan ringan
menjadi mesin balapan yang sangat kompetitif di hampir semua area.
Hingga tahun 1956, mobil balap Corvette dengan suku cadang pabrik yang
pas mampu menghasilkan pengendaraan mobil yang sangat nyaman di seluruh
dunia. Dan hal-hal tersebut merupakan awal dari sejarah berikutnya.
1955 | Chevrolet Bel Air Sport Coupe
Kadang-kadang, mobil baru muncul pada saat yang tepat — dan
sejarah terbentuk. Salah satu model yang sangat terkenal dalam sejarah
100 tahun Chevrolet adalah model Bel Air 1955. Chevrolet melekat
pandangan sebagai produk yang "tangguh namun tidak cantik" di awal
dekade 1950an sehingga sangat diperlukan adakan pembentukan energi baru.
Chevy tahun 1955, khususnya model level atas Bel Air telah
melakukannya. Dengan dimulainya era rock'n'roll yang segera mengguncang
Amerika terhadap kebiasaan aslinya, model Chevy 1955 lebih panjang,
lebih rendah dan biasanya berkelir dua warna memancarkan optimisme
Amerika. Mesin V8 tenaga turbo mendesis — mesin yang mengingatkan akan
legenda grup mesin blok kecil — merupakan opsi tersendiri. Iklan
Chevy yang terkenal, tahun 1955 "Sesuatu yang Indah," sebagai kiasan
akan kekuatan mesin V8nya dan pemecahan rekor penjualan mobilnya.
1956 | Zora berkendara liar
Untuk mempublikasikan Chevy V8 1956 yang baru, Zora Arkus
Duntov, bapak dari Corvette, setuju untuk balapan menggunakan model
pre-produksi yang belum diluncurkan di arena tahunan Pikes Peak Hill
Climb (memanjat bukit puncak Pikes). Dengan memakan setiap tikungan
lintasan yang sangat sulit dan memakai kamuflase tanpa tiang besi roll
penahan terbalik, tidak hanya ia menang dikelasnya, ia membukukan rekor
baru dan melentingkan nama Chevy menjadi pembuat prestasi sesudah perang
dunia.
1957 | Chevrolet Bel Air Nomad
Model Chevy Nomad 1955-1957 yang secara mencolok sangat
ramping, membawa desain pertengahan dekade di kelas mobil wagon serba
guna. Nama Nomad asal muasalnya dari konsep wagon Corvette GM Motorama
tahun 1954 yang dirancang oleh pimpinan desain Harley Earl yang juga
bapak dari mobil roadster Corvette 1953, dengan fitur permodelan gaya
garis atap uniknya serta gaya bodi bagian belakangnya. Terdorong dari
diterimanya model mobil di acara pameran, serta dengan semakin
berkembangnya masyarakat pinggir perkotaan, menyambut kedatangan model
station wagon. Chevrolet mengembangkan model Nomad ke tingkat Bel Air
model "Halo" di jajaran produk model tahun 1955-1957 mereka.
Masing-masing model dalam tiga tahun produksi tersebut mempunyai
pengikut yang sangat menyukainya — model pertama Nomad tidak pernah
ketinggalan jaman.
1959 | Impala masuk Daytona
Pada tanggal 20 Februari 1959, model Impala yang melegenda itu
membukukan kemenangan pertamanya di balapan pertamanya itu. Di setiri
oleh tangan terampil dan stabil dan selalu menginjak gas, Bob Welborn,
Chevrolet memulai trend dominasi mendapat bendera finis yang
berkelanjutan hingga saat ini.
Dekade Enampuluhan:
Chevrolet memimpin
Chevrolet Impala yang "sekuat jet namun halus" merupakan
kendaraan warga Amerika paling favorit di dekade enampuluhan. Dilengkapi
asesoris glamor, kekuatan dan serbagunanya, Chevy era angkasa luar
merupakan produk yang sangat tepat saat itu.
Tetapi tidak hanya itu saja yang membuat Chevy mendominasi pasar mobil. Chevrolet melebarkan kapasitasnya tahun 1960 dengan mobil-mobil baru yang inovatif dan kompak, ukuran sedang, serta mobil sport. Di lini truk, Chevy menambah jajarannya dengan pikap yang besar dan mobil van yang lebih kecil serta model kendaraan serba guna baru.
Chevrolet memperkenalkan model pikap yang didesain lebih mutakhir serta model Suburban untuk tahun 1960, namun model mobil yang menjadi sampul majalah adalah mobil kompak baru Corvair. Mobil baru dengan mesin di belakang bahkan memperoleh penghargaan tahunan dambaan dari majalah Motor Trend.
Model Impala yang sangat terkini dan model kupe sporty Corvai Monza merupakan model popular di tahun 1961, dan mobil kompak lain, Chevvy II Nova, juga kemudian muncul di tahun 1962. Mobil Impala Super Sport dengan kursi racing bucket dan opsi mesi V8 409 menjadi berita besar pada tahun 1962 dan model Corvette Sting Ray 1963 terbaru dengan fitur model terbuka dan desain belakang kupe ramping aerodinamis membuatnya langsung dinobatkan sebagai model klasik.
Bagi para pengemudi mobil Chevy, makin bertambahlah kepuasan mereka. Chevelle Malibu tahun 1964 lalu diluncurkan sesudahnya, seperti halnya model sport Camaro tahun 1967. Mobil Camaro mengikuti balapan lagi di event Indy dan edisi model Z28 ternyata menjadi sukses pula di arena balapan dan juga di pusat-pusat penjualan mobil.
Dari model ekor bersirip Impala tahun 1960 hingga ke model berotot Chevelle SS396 tahun 1969, Chevrolet mengalami kenaikan popularitas berkelanjutan pada dekade enampuluhan tersebut.
Tetapi tidak hanya itu saja yang membuat Chevy mendominasi pasar mobil. Chevrolet melebarkan kapasitasnya tahun 1960 dengan mobil-mobil baru yang inovatif dan kompak, ukuran sedang, serta mobil sport. Di lini truk, Chevy menambah jajarannya dengan pikap yang besar dan mobil van yang lebih kecil serta model kendaraan serba guna baru.
Chevrolet memperkenalkan model pikap yang didesain lebih mutakhir serta model Suburban untuk tahun 1960, namun model mobil yang menjadi sampul majalah adalah mobil kompak baru Corvair. Mobil baru dengan mesin di belakang bahkan memperoleh penghargaan tahunan dambaan dari majalah Motor Trend.
Model Impala yang sangat terkini dan model kupe sporty Corvai Monza merupakan model popular di tahun 1961, dan mobil kompak lain, Chevvy II Nova, juga kemudian muncul di tahun 1962. Mobil Impala Super Sport dengan kursi racing bucket dan opsi mesi V8 409 menjadi berita besar pada tahun 1962 dan model Corvette Sting Ray 1963 terbaru dengan fitur model terbuka dan desain belakang kupe ramping aerodinamis membuatnya langsung dinobatkan sebagai model klasik.
Bagi para pengemudi mobil Chevy, makin bertambahlah kepuasan mereka. Chevelle Malibu tahun 1964 lalu diluncurkan sesudahnya, seperti halnya model sport Camaro tahun 1967. Mobil Camaro mengikuti balapan lagi di event Indy dan edisi model Z28 ternyata menjadi sukses pula di arena balapan dan juga di pusat-pusat penjualan mobil.
Dari model ekor bersirip Impala tahun 1960 hingga ke model berotot Chevelle SS396 tahun 1969, Chevrolet mengalami kenaikan popularitas berkelanjutan pada dekade enampuluhan tersebut.
1960 | Bapak Corvette pergi ke Perancis
Pada waktu itu ada pembatasan tidak resmi kepada peserta
balapan pabrikan, pembalap legendaris Briggs Cunningham memperkenalkan
Corvette kepada orang Eropa. Dalam debut Internasionalnya, Corvette
memimpin kategori " Mesin Besar " GT, dengan memenangkan perlombaan
pertamakalinya di Le Mans -- tradisi kemenangan yang membanggakan
berlanjut hingga sekarang, yang paling akhir adalah diraihnya tropi
spektakuler kelas GTE Pro pada balapan ketahanan 24 jam Le Mans tahun
2011.
1963 | Chevrolet Impala
Lagu dari grup The Beach Boys menyanyikan keharmonian mesin
Chevy 409-cid V8 blok besar, yang menghasilkan tendangan hingga 425
tenaga kuda pada tahun 1963. Model Impala kupe sport 1963 dengan atap
keras, garis-garis atap model atap terbuka, desain sayap tambahan yang
menonjol serta spatbor menonjol, secara cantik memperlihatkan kebrutalan
mesinnya. Model Impala 1963 yang lebih sederhana sebenarnya bisa
menggunakan mesin Chevy 283 atau 327 V8 blok kecil, bahkan tersedia
dengan opsi model mesin enam silinder. Paket super sport yang populer
termasuk asesoris detail luar SS dan kursi depan model racing bucket dan
konsol tengah. Para kolektor sangat mendambakan model Impala 1963
hingga sekarang ini — terutama jika model tersebut menggunakan mesin
orisini 409 V8 didalamnya — dan model di tahun 1963 ini menjadi model
favorit pecinta mobil Hot Rod dan penggila pembangun mobil partikelir.
1963 | Chevrolet Corvette Sting Ray “Jendela Pisah” Kupe
Hingga tahun 1962, Chevy Corvette telah memperoleh respek
secara global untuk prestasi balapannya dan menjadi model mobil
difavoritkan, kalaupun tidak secara resmi, oleh para Astronot Amerika.
Bahkan model ini menjadi bintang di acara TV terkenal tentang pasangan
orang dalam perjalanan mereka melalui jalan Route 66. Kemudian muncullah
Corvette Sting Ray 1963. Desain dasar dari rancangan pimpinan desain GM
Bill Mitchell, Corvette Sting Ray dengan model kupe "Jendela Pisah"
merupakan model mobil paling heboh diproduksi di luncurkan kepada publik
Amerika. Diluar bentuknya yang sangat dirancang khusus, Sting Ray
memiliki suspensi belakang independen yang baru dan efektif, ditambah
kekuatan tambahan, mesin V8 blok kecil dengan injeksi bahan bakar
elektrik, dan yang terbaik adalah, harga mobil ini ternyata terjangkau.
1964 | Chaparral Can Ams
Di tahun 1964, Jim Hall dengan dukungan tak kentara dari divisi
penelitian dan pengembangan Chevrolet, mengguncang badan sanksi balapan
dan mengubah peta balapan dunia selamanya. Desain yang sangat
inovatifnya, menggunakan desain sayap yang tinggi, paket aerodinamis
yang bisa digerakan, kipas penyedot angin bodi bawah dan lain-lain,
telah mendominasi sirkuit Can Am, merebut kemenangan perlombaan USRRC di
tahun 1964, lomba 12 jam Sebring tahun 1965, lomba 1000 KM Nurburgring
di tahun 1966. Diikuti dengan finis urutan satu dan dua di even Laguna
Seca, panitia lomba akhirnya menahan Chaparrals, sehingga mengakhiri
kegiatan program pengembangannya. Walaupun terhenti, tapi tidak
dilupakan, kenangan akan Chaparral tetap hidup disetiap mobil model
Cruze Eco yang kami bangun.
1967 | Chevrolet Pikap
Model truk Chevy tahun 1967 memimpin desain truk menuju era
yang baru. Dengan bentuk yang lebih ramping dan rapih di semua jajaran,
model-model terbaru ini terlihat lebih rendah dan panjang — bahkan
bisa kelihatan seperti mobil biasa dan terlihat kasar sekilas. Dengan
rumah roda yang lebih besar dan lengkung, menambah sentuhan desain yang
lebih menyentuh bagi beberapa model popular GM yang muncul di era
tersebut. Tahun 1967 merupakan model yang lebih tahan lama dibandingkan
yang lain, dan dengan desain mesinnya yang tangguh lebih diutamakan
untuk bisa menyelesaikan tantangan tugasnya. Banyak fitur-fitur dari
model truk baru dan model Suburban yang bergaya mirip, didesain untuk
lebih menarik perhatian para calon pelanggan walaupun masih kecil namun
berkembang jumlahnya yang mencari truk yang nyaman namun berkemampuan
untuk keperluan rekreasi ataupun transportasi personal.
1969 | Chevrolet Camaro
Mempersembahkan gran final yang spektakuler dari generasi awal
Camaro (1967-1969), model 1969 yang diperbarui itu mengikuti balapan
secara mencengangkan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mobil Chevy
sport empat kursi yang hebat membuat prestasi memimpin perlombaan
dimana-mana sepertinya. Model Z28 menanjak di perlombaan balapan
Trans-Am, beberapa lusin produksi mesin aluminium Camaro ZL-1 telah
membuat kehebohan guntur pada arena mobil pacu, dan model dengan detail
spesial RS//SS 396 terbuka, muncul seiring dengan dimulanya Indy 500
tahun 1969. Tidak ada Camaro tahun 1969 yang hanya menjadi sekedar mobil
bekas. Kenangan dari model 1969 yang sekarang jadi ikon tersebut
menjadi bukti nyata dari pandangan kedepan model masa depan Camaro tahun
2010.
Dekade Tujuhpuluhan:
“Baseball, hot dogs, pai apple dan Chevrolet”
Memasuki dekade tahun 1970an, Chevrolet menambah ototnya dengan
mobil-mobil yang masih tetap dielukan hingga empat dekade kedepan. Model
elegan Monte Carlo "kupe mewah pribadi" merupakan produk baru 70an dan
sangat sukses. Model Chevelle SS454 1970 dengan dilengkapi mesin LS6 450
tenaga kuda V8 blok besar merupakan salah satu produksi mobil yang
sangat bertenaga saat itu, model Camaro 1970 yang dedesain ulang saat
itu saat mencengangkan.
Di tahun 1971, Chevy memperkenalkan Vega, mobil kecil dengan penampilan yang enak dilihat dengan desain berdasarkan model Camaro. Juga produk baru di tahun 1971: model cantik Caprice / seri Impala dengan penampilan dramatis yang ditingkatkan, dengan jelas memberikan tantangan bagi mobil-mobil lain yang lebih mahal. Model Monte Carlo 1973 meraih gelar dari majalah Motor Trend sebagai mobil tahun itu. Salah satu iklan Chevrolet yang paling berkesan adalah —"Baseball, hot dog, pai apel, dan Chevrolet" — mengudara pada tahun 1975 waktu itu. Seiring naiknya harga bahan bakar, Chevrolet menjawab tantangan tersebut dengan Chevette 1976 yang lebih irit bahan bakar, model Impala tahun 1977 dan versi-versi Monte Carlo dan Malibu 1978, dimana mobil-mobil tersebut dedesain lebih kecil.
Di tahun 1971, Chevy memperkenalkan Vega, mobil kecil dengan penampilan yang enak dilihat dengan desain berdasarkan model Camaro. Juga produk baru di tahun 1971: model cantik Caprice / seri Impala dengan penampilan dramatis yang ditingkatkan, dengan jelas memberikan tantangan bagi mobil-mobil lain yang lebih mahal. Model Monte Carlo 1973 meraih gelar dari majalah Motor Trend sebagai mobil tahun itu. Salah satu iklan Chevrolet yang paling berkesan adalah —"Baseball, hot dog, pai apel, dan Chevrolet" — mengudara pada tahun 1975 waktu itu. Seiring naiknya harga bahan bakar, Chevrolet menjawab tantangan tersebut dengan Chevette 1976 yang lebih irit bahan bakar, model Impala tahun 1977 dan versi-versi Monte Carlo dan Malibu 1978, dimana mobil-mobil tersebut dedesain lebih kecil.
1970 | Chevrolet El Camino SS
Mobil El Camino " mobil pikap penumpang " pertama kali muncul
tahun 1959, dan saat itu hingga model 1960 didesain berdasarkan mobil
Chevy ukuran penuh. Sesudah kekosongan produk selama tiga tahun, model
El Camino muncul kembali pada tahun 1964 sebagai model turunan dari
Chevelle 1964 baru berukuran menengah. Model lebih baru El Camino 1968
merupakan model bagus seperti halnya mobil-mobil dengan bak pikap
lainnya. Di tahun yang sama, El Camino akhirnya dilengkapi dengan
peralatan Super Sport, dan pembelinya bisa mengambil opsi fitur tambahan
mobil berotot seperti model Chevelle SS. Mobil El Camino SS 1970,
dilengkapi mesin 396- atau 454 cid blok besar bertenaga merupakan mobil
El Camino berotot paling utama pada era mobil berotot saat itu.
1970 | Chevrolet Chevelle SS
Era mobil berotot mencapai puncaknya tahun 1970an, dan produk
yang memimpin di puncak mobil berotot saat itu adalah model Chevelle SS
454. Mesin Chevrolet 454-cid blok besar, merupakan produksi mesin
terberat Chevy V8 yang pernah ada, dan masih baru pada tahun 1970. Di
tahun yang sama, GM pertama kali memperbolehkan mesin lebih besar dari
400 cid di mobil-mobil ukuran sedangnya. Salah satu hasilnya adalah
mungkin mobil yang paling legendaris Chevy Super Sport yaitu Chevelle SS
454. Mesin dengan tenaga mencapai 450 tenaga kuda LS-6 blok besar bisa
melesatkan SS 454 hingga 146 Kilometer per jam hanya dalam waktu 13
detik. Model orisinil tanpa modifikasi dari mesin LS-6 SS 454 sangat
jarang, terutama untuk jenis investasi dengan dikoleksi saat ini. Namun,
banyak penggemar khusus membangun mobil Chevelle SS impian mereka
dengan katalog suku cadang khusus mutu tinggi — Pusat Peninggalan GM
tahun 1970, dengan model yang lebih modern dengan 505 tenaga kuda, mesin
LS7 427 V8, adalah salah satu contohnya.
1971 | Chevrolet C/10 Cheyenne Pikap
Trendnya telah berlangsung beberapa tahun, dan hingga tahun
1971, menjadi satu hal yang tak terelakan lagi, kebanyakan rakyat
Amerika telah jatuh cinta pada truk Chevy. Truk tahun 1970 telah membuat
Chevrolet membuat rekor penjualan mobil dan truk baru di kalender
mereka lebih dari tiga juta mobil tahun itu. Secara basis model tahunan,
produksi truk Chevy tahun 1971 total melebihi 739,478 mobil yang juga
merupakan suatu rekor pada saat itu. Dari semua model truk Chevrolet
yang dipasarkan tahun 1971, salah satu model yang paling popular adalah
pikap 2WD C/10, dengan produksi melebihi seperempat juta buah. Hal yang
memicu kesukaan orang akan model mobil setengah ton adalah produk baru
Cheyenne 1971 dengan paket interior trim premium, menyebabkan gaya dari
pikap Chevy naik ke tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.
1976 | Chevrolet C/10 Stepside Pikap
Nilai tradisi sangat diperhitungkan di bisnis truk, dan pembuat
truk yang bijak tetap memperhatikan peninggalan lalu sementara beranjak
ke masa depan. Ketika Chevy meluncurkan model box pikapnya yang bersisi
halus dan berdinding pada pertengahan 1958, model box Stepside juga
tetap dalam jajarannya. Produk itu tetap tersedia, satu atau lain cara,
untuk 45 tahun kedepan. Desain klasik Stepside memiliki fitur pijakan
kecil — sebagai peninggalan papan pijak model klasik — yang terpasang
di bagian depan masing-masing spatbor belakang. Beberapa diler mobil
menambahkan cat garis dan ban opsional tambahan di sisi pijakan untuk
menambah penampilan yang lebih khusus dan tersendiri.
Dekade delapanpuluhan:
Tantangan baru, Chevrolet baru
Beberapa model Chevy yang baru diperkenalkan pada tahun 1980an,
kebanyakan lebih kecil, lebih efisien dan berpenggerak roda depan.
Kutipan di era 1980an, dipromosikan sebaga "Chevy pertama di era 80an,"
sebagai produknya yang diluncurkan adalah desain pintu terbuka belakang
yang mengkombinasikan dimensi exterior mobil kecil dengan kelegaan
interior dari mobil ukurang menengah. Camaro 1982 bentuk aerodinamis
membukukan pujian-pujian dari para penggemar seperti halnya pada produk
Corvette 1984. Kenangan Chevrolet lain dari era "Detakan Jantung
Amerika" termasuk model kupe sporti Beretta dan pikap baru Silverado
tahun 1988.
1989 | Chevrolet Corvette ZR-1
Guntur Chevy melingkupi seluruh Eropa tahun 1989 ketika 24
mobil pre-produksi ZR-1 Corvette tiba di benua itu untuk tur pers di
selatan Perancis. Model ZR-1, yang juga dikjenal sebagai Corvette "Raja
Bukit" ditenagai oleh mesin dengan teknologi sangat tinggi, 32 klep, 4
kem, 350-cid V8 yang dikembangkan oleh Grup Lotus dari Inggris. Walaupun
mesinnya terasa halus pada kecepatan rendah, — kodenya LT5 — memiliki
prestasi yang menakjubkan hingga batas putaran maksimal mesin.
Ketertundaan suplai mesin mendorong perkenalan resmi ZR-1 kepada model
tahun 1990. Pusat peninggalan GM memiliki dua dari 84 ZR-1 yang dibangun
pada tahun 1989 di koleksinya. Pada tahun 2009, Chevrolet membangun
kembali produk ZR1 (tanpa garis penghubung) pada model Corvette
supercharge yang mengalahkan kemampuan ZR-1 tahun 1990-1995.
Dekade Sembilanpuluhan:
Amerika memakai truk
Untuk pertama kalinya, tahun 1990, Chevrolet menjual lebih banyak
truk dari pada mobil di Amerika Serikat. Model legendaris Suburban
mendapat desain baru di tahun 1992, muncul sebagai kendaraan dengan
kenyamanan dan dengan kapasita yang bahkan lebih dari jenis SUV. Model
populer Blazer 4x4 juga mendapat desain baru tahun 1995, dan SUV empat
pintu model baru Tahoe memulai debutnya pada tahun yang sama. Di jajaran
mobil, Camaro baru muncul di tahun 1993, dan disambut hangat, serta
model Impala SS kembali muncul sebagai sedan kemampuan penuh di tahun
1994. Mobil kupe Chevy Monte Carlo, sebuah legenda di jalan dan trek
balapan NASCAR kembali tahun di tahun 1995, kali ini dengan platform
berpenggerak roda depan. Di era ini, banyak mobil kecil Chevrolet dijual
dengan menggunakan nama GEO.
1993 | Chevrolet Camaro Z28
Empat generasi Camaro, dengan fitur gaya yang lebih baru dan
lebih bagus, diperkenalkan pada tahun 1993, dan model yang ada hanya
kupe. Model Z28 ini dilengkapi dengan mesin versi 275 tenaga kuda dari
mesin Corvette LT-1 V8 blok kecil yang diperkenalkan setahun sebelumnya —
membuat kemampuan model Camaro menjadi yang terdekat dengan Corvette
namun menyediakan fasilitas kursi belakang. Camaro Z28 dipakai sebagai
mobil pengatur pacu balapan Indianapolis 500 tahun 1993, menandakan kali
keempat model ini sebagai mobil pengatur pacu balapan (pemunculan
awalnya pada tahun 1967, 1969, dan 1982). Karena menjadi tradisi, paket
edisi pengatur pacu balapan menjadi penawaran khusus Chevy di dilernya —
645 1993 Z28s yang dilengkapi dengan cat garis berwarna sesuai dengan
paket pengatur pacu balapan Indy.
1996 | Impala SS
Chevrolet mengeluarkan produk berpenggerak belakang, sedan
ukuran besar dengan gaya yang tinggi pada produksi Impala SS tahun 1994 -
1996. Mobil tersebut menawarkan kemampuan yang luar biasa — mesinnya
Corvette 260 tenaga kuda 5.7liter LT1 V8 blok kecil yang mampu
menghembuskan tenaga hingga 4200 kaki pound / torsi dan mampu melesat
hingga 144 kilometer per jam dalam jarak hanya 400 meter. Suspensi yang
diset untuk balapan, 4 rem dengan piringan yang ekstra kuat, dan roda
lebar ukuran ring 17 inci dengan bahan aluminium spesial merupakan fitur
standar. Tambahan ornamen luar mengikuti warna bodi — hanya warna hitam
di tahun 1994, kemudian di tahun 1995-1996 ditawarkan warna ceri gelap
metalik dan hijau tua. Didalamnya, lapisan kursi kulit dan roda kemudi
dibalut kulit juga menambah kemewahannya. Awalnya hanya dijual kepada
kolektor saja, Impala SS tahun 1996 yang dibangun terakhir ditempatkan
di pusat peninggalan GM.
1997 | Kemenangan itu bagai Listrik
Mengulang sejarah tes dramatis balapan tahun 1956 oleh Zora
Arkus-Duntov, Larry Ragland membuat sejarah baru mengendarai mobil
spesial Chevy S-10 kepada kemenangan pada balapan puncak Pikes memanjat
bukit tahun 1997. Kali ini, tanpa menggunakan setetes bahan bakar pun.
Tidak hanya puas dengan mengikuti kelas mobil elektrik, yang menggemakan
pertanda akan berakhirnya akan penggunaan minyak dan perubahan dunia,
Larry keluar membuktikan kehandalan produk tenaga listrik — dan mulai
meletakan dasar bagi model Chevy Volt — dengan kemenangan di balapan
kelas Super Stock Truk tahun 1998-1999 dan kemenangan mutlak dalam kelas
2000 truk High Tech.
1997 | Chevrolet Corvette kupe
Generasi kelima (C5) model Corvette 1997 memulai debut
popularitas global. Segala hal yang baru ada didalamnya, dari gaya yang
kelihatan kokoh namun tetap lebih berpadan, hingga mesin baru LS1 V8
blok kecil, chasis yang ditingkatkan serta konstruksi bodi yang lebih
baik. Di model ini bak transmisi dipasangkan ke gandar belakang,
pengaturan yang sangat ideal untuk distribusi bagi berat dari depan ke
belakang. Dilengkapi juga dengan transmisi manual 6 percepatan, model C5
1997 mampu mencapai kecepatan hingga 250 kilometer per jam. Dengan
penggunaan teknologi pembuatan rangka besi melalui pembentukan hydro
yang lebih kuat, C5 tahun 1997 memang didesain menjadi produk yang tahan
banting. Model atap terbuka C5, diluncurkan setelah produksi model kupe
setahun kemudian, menunjukkan lebih lanjut keefektifan dari desain
struktural baru Chevy.
1998 | Dale Earnhardt Sr. memenangkan Daytona 500
Setelah 19 tahun balapan dan mendapatkan bendera finis di arena
di pinggir pantai, Dale Senior akhirnya mampu menaklukkan balapan
Daytona 500, mengukir rekor pribadi pertama dan satu-satunya kemenangan
dalam "Balapan Terbesar Amerika." Kejadian-kejadian yang mengikuti
setelahnya, secara umum dianggap sebagai momen-momen paling menyentuh di
sejarah olahraga, ketika para kru dan para kompetitor berbaris di jalan
pit untuk memberi selamat selama jalan panjang dan lama menuju garis
kemenangan.
Dekade Duaribuan:
SSR Mengukir Sejarah Dekade
Setelah kekosongan produk selama tiga tahun, model Impala kembali
dengan fitur mobil sedan berpenggerak roda depan pada tahun 2000.
Berita awal dekade lainnya adalah dengan model barunya Suburban tahun
2000, model yang lebih kokoh dari SUV TrailBlazer tahun 2002, dan model
pengaruh Eropa dari Malibu tahun 2004. Model pikap / roadster gaya retro
SSR dengan atap keras yang bisa dilipat merupakan model penarik
perhatian dan menjadi mobil pengatur pacu balapan Indy tahun 2005. Model
gagah Impala baru dan model dengan pengaruh model terdahulu dari wagon
sport HHR muncul di tahun 2006, dan model baru Malibu desain baru ikut
meramaikan kancah kendaraan di tahun 2008. Model dengan kemampuan sangat
tinggi Corvette ZR1 memulai debut 2009nya sebagai mobil diproduksi
paling cepat dalam sejarah GM. Kemudian di tahun berikutnya, para
penggemar menahan liurnya menunggu kemunculan produk Camaro 2010
dijalan-jalan umum.
2008 | Corvette versus Dunia
2008: Corvette memangkas para monster — BMW, Ferrari dan
Porsche — dengan mengunci kemenangan Manufaktur kedelapan kalinya
berturut-turut, membuatnya tim yang paling sukses dalam sejarah acara
seri Le Mans Amerika dan otomatis membuat Chevrolet menempati tempat
kunci dalam kompetisi global.
2008 | Chevrolet Hybrid Tahoe
Pada tahun 2008 Chevy Tahoe hybrid mulai memperkenalkan dua
mode teknologi hijau hybrid ke jajaran mobil SUV ukuran besar. Di tahun
2004, para insinyur di GM, BMW, dan DaimlerChrysler secara bersama-sama
mengembangkan mode sistem dua mode hybrid yang cocok untuk mobil-mobil
ukuran besar dan SUV. Sistem yang dikembangkan oleh divisi transmisi GM,
Allison, diperuntukkan untuk penggunaan bus-bus penghubung merupakan
poin permulaannya. Sistem dua mode hybrid menyalurkan motiv gas dan
listrik melalui transmisi variabel elektronik, sehingga memungkinkan
peningkatan kemampuan ekonomis bahan bakar, dibandingkan penggunaan
sistem standar di mesin bensin biasa. Chevrolet model Tahoe dan
Silverado dengan sistem dua mode masih merupakan pemimpin segment di
keekonomisan bahan bakar, dengan perkiraan standar EPA mencapai 8,5 KM
per liter konsumsi dalam kota dan 9,7 KM per liter konsumsi jalan bebas
hambatan.
Chevrolet Sekarang:
Masih jadi pengatur pacu
Pada tahun 1911, ketika Louis Chevrolet membangun otomobil
pertamanya, ia tidak bisa membayangkan apa yang mungkin akan terjadi
setelahnya. Pada hitungan terakhir, 214 juta mobil dan truk Chevrolet
telah beredar.
Dari mesin legendaris V8 blok kecil, kantung angin penyelamat pertama, hingga Corvette pemenang Le Mans, Chevrolet telah membuat sejarah atas tantangan terhadap pemikiran konvensional. Sekarang, kami menggunakan kecakapan teknologi kami untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua.
Jajaran Chevrolet Volt yang lebih luas menjadi pencetus pembicaraan orang, peraihan penghargaan dan secara sungguh-sungguh mengubah cara dunia berkendara. Chevrolet merupakan pemimpin global mobil kecil dengan model Cruze, Sonic dan model yang akan muncul Spark EV. Momentum ini terus berlanjut dengan jajaran kendaraan yang paling lengkap ditenagai oleh ethanol, gas alam, listrik dan hydrogen.
Dari mesin legendaris V8 blok kecil, kantung angin penyelamat pertama, hingga Corvette pemenang Le Mans, Chevrolet telah membuat sejarah atas tantangan terhadap pemikiran konvensional. Sekarang, kami menggunakan kecakapan teknologi kami untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua.
Jajaran Chevrolet Volt yang lebih luas menjadi pencetus pembicaraan orang, peraihan penghargaan dan secara sungguh-sungguh mengubah cara dunia berkendara. Chevrolet merupakan pemimpin global mobil kecil dengan model Cruze, Sonic dan model yang akan muncul Spark EV. Momentum ini terus berlanjut dengan jajaran kendaraan yang paling lengkap ditenagai oleh ethanol, gas alam, listrik dan hydrogen.
2010 | Chevrolet Camaro
Iklan acara TV yang mempublikasikan Camaro tahun 1967
mempertunjukan mobil tersebut keluar dari kawah gunung api yang menyala.
Setelah 35 tahun berjalan, model Camaro sebagai produk yang tak
terlupakan, menyenangkan untuk bisa dimiliki dan dikendarai muncul dari
kiasan iklan kawah gunung api tersebut. Di tahun 2002, gunung apinya
menjadi tidur. Kemudian pada acara pameran mobil internasional di
Detroit tahun 2006, model baru konsep Camaro muncul dan mendapat tepuk
tangan berdiri pengunjung yang memenuhi hall pameran — dan memunculkan
kembali semangat ikonik Camaro tahun 1969. Setelah Camaro konsep naik
panggung dan hal-hal seperti beberapa gunung api dengan teknik api
terbakar serta efek spesial dalam film tahun 2007, TRANSFORMERS®†,
tekanan untuk membuatnya masuk jalur produksi makin bertambah. Dengan
digandrunginya penggemar Camaro dimana-mana, model baru Camaro yang
muncul di acara otomotif tahun 2010 telah membuat desain konsep yang
sangat terpercaya — dan atas semangat orisinalitas. Dengan pertambahan
model terbuka akhir-akhir ini, dan segera adanya model dengan kemampuan
puncak ZL1, pembaruan mobil Camaro merupakan awalnya.
2010 | Cruze membantai WTCC
Dengan ditinggalkannya standar terkenal mesin berat V8 Chevy,
model Cruze memulai kehadirannya di balapan terkenal World Touring Car
Championship pada tahun 2010. Setelah dominasi musim oleh BMW di
berbagai belahan dunia, Chevrolet membuat pukulan mematikan — dengan
memastikan kemenangan pembalap dan kemenangan tim manufaktur. Hal ini
membuktikan bahwa, Ya, memang ada tempat untuk menggantikan standar
mesin berat besar.
2011 | Chevrolet Volt
Dengan tenaga batere untuk 40 KM hingga 80 KM pertama setelah
pengisian batere dari kosong, model revolusioner tenaga listrik Chevy
Volt dengan generator tenaga bensin yang mampu menambah jarak tempuh dan
listrik hingga sekitar 400 KM jika dibutuhkan. Jangkauan tambahan ini
bisa membebaskan pemilik Volt dari kekhawatiran jangkauan tempuh yang
bisa merasuki para pemilik kendaraan tenaga listrik. Model Volt
dinobatkan oleh jurnalis industri otomotif sebagai Mobil Amerika Utara
tahun ini, dan juga memperoleh penghargaan Car of the Year®
dari majalah Green Car Journal's dan juga dipilih oleh majalah
Automobile sebagai Automobil tahun ini. Pada awal Juli 2011, Chevrolet
memperkirakan bahwa dua per tiga dari 3,2 juta KM jarak yang ditempuh
oleh pemilik Volt listriknya merupakan hasil dari pengisian melalui
listrik rumahan.
2012 | Chevrolet Corvette edisi seratus tahun
Mobil Chevrolet Corvette edisi seratus tahun 2012 adalah
sebagai penghargaan atas sejarah dan peninggalan dari even balapan,
bahkan warna monokromnya yang tebal dan tegas secara penampilan
menempatkan posisi pastinya saat ini. Paket edisi seratus tahun (kode
ZLC) bisa dipesan di semua model Corvette 2012, dan secara eksklusif
tersedia dari bahan metalik carbon mengkilat, dengan grafis hitam satin
serta roda kemudi hitam satin diakseni dengan kaliper rem warna merah.
Semenjak tahun 1955, ketika bibit Corvette pertama kali dipasangkan
mesin V8 Chevrolet blok kecil yang baru, Corvette telah membentuk
semangat dan kemampuan Chevrolet khususnya, dan telah mendapat tempat
khusus sebagai mobil sport Amerika, para fans pemenang dan balapan
seluruh dunia dan bekas pemenang yang datang dan pergi. Dan akhir akhir
ini, Corvette memenangkan balapan 24 jam Le Mans 2011 di kelas GTE,
mengalahkan Ferrari, BMW, dan Porsche.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.